Latar Belakang Menggunakan ERP

Memiliki sistem ERP dalam sebuah perusahaan merupakan sebuah keharusan untuk dimiliki dikarenakan persaingan teknologi industri yang semakin canggih membuat banyak bisnis dapat meningkatkan kualitas produk maupun layanan dengan kuantitas banyak tanpa harus menghabiskan energi dan budget yang banyak. Dibandingkan dengan cara manual, penerapan sistem ERP akan memberikan banyak peluang bagi perusahaan untuk dapat berkembang seperti proses integrasi dan otomatisasi data akan lebih mudah. Cukup banyak kelebihan yang bisnis anda dapatkan tetapi menerapkan sistem ERP tidak boleh sembarangan. Berikut adalah langkah terbaik dalam memilih :

Penawaran Solusi ERP

Jika bisnis anda ingin menerapkan sistem ERP, mulailah mencari beberapa vendor ERP yang tersedia dengan melakukan konsultasi. Dengan konsultasi, anda akan mengetahui penawaran apa yang dapat diberikan untuk kendala yang bisnis anda miliki. Anda juga perlu mengukur apakah penawaran yang diberikan merupakan sesuatu yang urgent untuk anda miliki.

Reputasi yang dimiliki Vendor ERP

Perusahaan anda juga sebaiknya memiliki tim internal yang bertugas untuk mereview vendor yang telah anda pilih sebagai opsi. Anda bersama tim perlu menggali lebih dalam mengenai kredibilitas dan reputasi setiap vendor sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasanya. Hal ini diperlukan untuk mencegah adanya resiko kejadian yang tidak diharapkan dikemudian hari. Penting untuk meminta profil perusahaan dan mengecek mengenai susunan organisasi, sertifikasi, dan jaminan lainya.

Support yang ditawarkan oleh Vendor ERP

Tidak hanya sampai penawaran saja yang perlu anda ketahui tetapi anda juga perlu menanyakan support apa saja yang ditawarkan oleh vendor ERP. Support akan dilakukan sejak awal bisnis anda menerapkan hingga diwaktu pemakaian sehari-hari. Jangan sampai pada saat terjadi kendala dikala pemakaian, vendor yang anda pilih tidak dapat memberikan support yang memadai. Bagi perusahaan yang masih awam akan teknologi ERP, support training dan maintenance diperlukan agar staff anda memahami cara penggunaan sistem.

Komparasi Harga dan Value yang didapatkan

Yang terakhir dan paling menentukan adalah soal harga yang ditawarkan. Anda perlu mengkoparasikan harga yang ditawarkan beserta value yang vendor miliki apakah sudah sesuai dengan budget yang anda miliki. Penawaran harga yang murah belum tentu memiliki kualitas layanan yang baik, begitu juga dengan penawaran harga yang mahal. Terkadang mengeluarkan beberapa lebih anggaran juga diperlukan jika memang penawaran yang ditawarkan bersifat sangat menguntungkan bisnis anda.

Solvera Global Teknologi

Solvera sebagai vendor pemasangan ERP terbaik memberikan anda kemudahan dalam sistem pemasangan dengan solusi terbaik. Kami dapat memberikan demo gratis dan layanan support secara menyeluruh dan anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan maintenance sendiri. Kami juga menawarkan training untuk tenaga karyawan perusahaan anda sehingga dapat menggunakan sistem dengan baik.

Previous articleDokumen Digital Menjadi Alasan Banyak Bisnis Berkembang
Next articleSistem POS menjadi keharusan bagi pebisnis retail, mengapa ?