Perkembangan teknologi yang semakin canggih membantu kegiatan manusia baik dalam aspek bisnis. Dalam dunia bisnis retail terdapat aktivitas transaksi jual beli produk secara langsung oleh konsumen yang datang. Semakin meningkatnya jumlah konsumen yang datang maka aktivitas transaksi juga akan semakin meningkat. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kendala tersebut dapat diatasi oleh suatu sistem yang kita sebut sebagai POS (Point of Sale). Berikut adalah alasan mengapa bisnis retail memerlukan sistem POS :

Mempermudah dan mempercepat transaksi

Sistem Point of Sale mempermudah kasir dalam melakukan perhitungan harga produk yang dibeli oleh konsumen dengan cara mengintegrasikan sistem kasir dan sistem barcode produk sehingga pendataan akan terekam secara langsung mengenai nominal yang harus dibayarkan oleh konsumen. Hal ini sangat membantu mempercepat transaksi sehingga menghindari adanya penumpukan antrian pada area kasir bisnis retail.

Laporan penjualan yang cepat dan akurat

Salah satu kelemahan sistem laporan manual pada bisnis retail adalah pada saat produk yang dijual memiliki kategori dan jumlah yang banyak. Hal ini akan sangat memakan waktu dalam melakukan pengecekan produk yang terjual maupun yang tersedia pada penyimpanan. Dengan adanya sistem POS yang saling terintegrasi dengan penyimpanan, data produk yang tersedia dan telah terjual akan tercatat secara otomatis sehingga pembuatan laporan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Pelacakan penyimpanan setiap toko

Sistem POS yang terintegrasi secara online memungkinkan bisnis retail melakukan pelacakan penyimpanan dimanapun anda berada hanya bermodalkan gadget dan paket internet. Hal ini juga berlaku bagi bisnis retail yang memiliki banyak cabang dilokasi yang berbeda. Setiap informasi dapat dengan mudah anda dapatkan secara online. Pengelolaan dan memanajemen stok juga menjadi lebih mudah karena informasi yang anda dapatkan akan selalu terupdate otomatis.

Meningkatkan pelayanan konsumen

Setelah semua sistem transaksi dan pemenuhan stok lebih baik, sistem POS juga meningkatkan aspek pelayanan konsumen karena konsumen tidak perlu mengantri lama. Selain itu, terdapat bebagai fitur yang sangat membantu bisnis retail seperti variasi metode pembayaran, fitur membership, broadcasting untuk promosi, dan sebagainya. Jika anda tertarik menggunakan sistem POS, Solvera memberikan solusi tepat untuk masalah bisnis retail anda dengan kualitas terbaik.

Previous articleLangkah Terbaik Dalam Memilih Vendor ERP
Next articleTips Mengelola Keuangan usaha dengan benar