Apa itu Dokumen Digital ?

Semua dokumen yang dibuat dan di simpan pada perangkat elektronik disebut dengan dokumen digital. Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah menerapkan dokumen digital seperti e-KTP, kontrak elektronik, form digital, memo online, sertifikat online, dan masih banyak lagi. Dengan perkembangan teknologi tersebut, banyak perushaan yang mulai menerapkan dokumen kedalam bisnisnya karena memiliki banyak keunggulan dibanding dokumen fisik seperti :

Efisiensi Biaya dan Waktu

Menggunakan dokumen digital dapat menghemat waktu dalam pembagian informasi secara elektronik yang mudah dikirimkan tanpa harus melakukan print secara fisik. Anda dapat dengan mudah membuka dokumen melalui berbagai perangkat seperti komputer, ponsel pintar, tablet, dan lain-lain. Dengan menerapkan kebiasaan secara konsisten, suatu perusahaan dapat menghemat anggaran karena mengurangi penggunaan kertas dan alat tulis.

Kolaborasi dan Pembagian Dokumen Mudah

Semua informasi berbentuk elektronik sehingga pembagian informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Pengguna dapat membagikan file kepada siapapun tanpa batasan jarak dan waktu. Sistem seperti ini sudah banyak beredar dan mudah kita temui pada sistem komunikasi online seperti messenger, e-mail, dan penyimpanan cloud memiliki fitur untuk mengirim file dokumen dengan ukuran tertentu secara gratis.

Data Lebih Aman dan Dapat di Backup

Meningkatnya perkembangan teknologi juga ikut meningkatkan sistem keamanan data. Sudah banyak fitur yang menyediakan data backup sehingga file yang anda simpan dapat dipulihkan jika terjadi kerusakan, hilang, atau terhapus tanpa sengaja. Sistem keamanan pada dokumen digital juga dapat dilakukan melalui sistem captcha, konfirmasi pemilik data, dan sebagainya sehingga anda tidak perlu khawatir akan pencurian data. Jika anda kesulitan ingin mulai dari mana menerapkan sistem dokumen digital pada bisnis anda, Solvera memberikan solusi yang tepat untuk bisnis anda dengan kualitas terbaik dan teknologi terbaru.

Previous articleBisnis Retail dapat ditingkatkan melalui tips berikut ini
Next articleLangkah Terbaik Dalam Memilih Vendor ERP