Tips Mengelola Keuangan usaha dengan benar

Tips Mengelola Keuangan usaha dengan benar

Mengelola keuangan usaha diperlukan untuk mengetahui berapa jumlah pengeluaran dan pemasukan daripada suatu usaha. Hal ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah usaha yang dijalankan mengalami keuntungan, kerugian atau sedang dalam situasi stagnan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik anda dapat menjadikan arus kas lebih sehat, dapat mengukur jumlah modal yang diperlukan, dan dapat menurunkan biaya produksi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan dalam mengelola keuangan bisnis anda :

Membuat rencana keuangan dengan matang

Membuat perencanaan merupakan langkah dasar yang penting dan tidak boleh terlewatkan dalam mengelola keuangan. Anda dapat mencoba membuat rencana secara umum seperti rencana usaha jangka panjang yang dapat anda pecah dalam beberapa periode waktu pendek secara bulanan atau mingguan. Anda juga perlu membuat rencana pendapatan yang mencakup produk, pemasaran, dan pemenuhan kebutuhan modal.

Pencatatan arus kas secara rutin

Mencatat seluruh arus kas secara rutin juga tidak kalan penting. Anda dapat menggunakan pembukuan sederhana yang bertujuan untuk melacak keuntungan dan kerugian dari usaha anda. Dengan mengkomparasikan laporan keuangan periode terakhir dengan yang sebelumnya, anda dapat menentukan strategi yang tepat untuk melangkah kedepanya.

Monitoring aset, hutang dan piutang

Dalam berbisnis anda juga perlu mengelompokan aset yang usaha anda miliki dari yang terkecil hingga yang terbesar. Memonitoring diperlukan untuk memantau nilai aset, penyusutan dan perawatan yang diperlukan. Dengan selalu memonitoring aset, keberlangsungan bisnis akan lebih terjamin.

Mengkonsultasikan kepada mentor berpengalaman

Banyak pebisnis besar yang sukses memiliki seorang mentor dalam menjalankan usahanya. Sangat dianjurkan untuk anda berkonsultasi kepada mentor yang berpengalaman sehingga anda dapat dibimbing untuk menjalankan operasional yang efektif, penentuan harga produk yang kompetitif, menghemat pengeluaran dan sebagainya. Jika sekarang anda belum memiliki seorang mentor, cobalah mulai mencarinya dalam sebuah komunitas kewirausahaan maupun sebuah seminar.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial