Pentingnya Transformasi Digital Bagi Organisasi

Pentingnya Transformasi Digital Bagi Organisasi

Apakah organisasi anda sudah menerima Transformasi Digital ? Apakah itu Transformasi Digital ? Haruskah kita mengikuti Transformasi Digital ?

 

Organisasi perlu terus berevolusi untuk mengatasi dunia bisnis yang terus menerus berubah setiap harinya. Idealnya, perubahan perkembangan IT didorong oleh kebutuhan untuk memenuhi keperluan bisnis. Para pemimpin bisnis menginginkan IT difokuskan pada hasil bisnis, inovasi, dan peningkatan yang berkelanjutan. Transformasi digital dapat didefinisikan sebagai akselerasi kegiatan bisnis, proses, kompetensi dan model yang sepenuhnya memanfaatkan perubahan dan peluang teknologi digital dengan dampak yang strategis.

 

Faktanya, transformasi digital adalah transformasi bisnis. Bahkan beberapa menggunakan istilah transformasi bisnis digital, yang lebih sejalan dengan aspek transformasi dalam bisnis. Transformasi digital ini dipengaruhi/didorong oleh beberapa faktor: inovasi teknologi, perilaku dan minat konsumen, dan faktor lingkungan eksternal.

 

Inovasi teknologi mengarah pada disrupsi teknologi. Inovasi disruptif adalah inovasi yang membantu terciptanya pasar baru dengan ‘merusak’ pasar yang sudah ada. yang pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut. Tetapi teknologi bukan sekedar tentang inovasi teknologi dan disrupsi yang ada pada bisnis. Melainkan mengenai bagaimana inovasi teknologi ini kemudian diadopsi dan digunakan. Apakah inovasi ini akan membawa nilai bagi organisasi, apakah mereka akan mudah diadopsi, atau apakah organisasi sudah dapat beradaptasi dengan disrupsi teknologi yang terjadi? Yang kemudian membawa kita pada faktor lainnya: Perilaku konsumen.

 

Bagaimanakah harapan dan permintaan konsumen terhadap bisnis (dan tuntutan teknologi untuk memenuhi kebutuhan bisnis)? Konsumen menuntut peningkatan kemampuan teknologi yang dikombinasikan dengan penggunaan yang mudah. Sehingga organisasi harus menghadapi pengaruh eksternal seperti peraturan perundang-undangan, ekonomi yang terus berubah, persaingan tinggi, dan tuntutan dari partner bisnis.

 

Transformasi bisnis digital adalah sebuah tantangan utama dalam perubahan manajemen. Yang tidak hanya berdampak pada struktur industri dan penempatan strategis tetapi mampu mempengaruhi semua tingkatan level yang ada pada organisasi.

 

Para pelaku bisnis harus terus menerus menantang organisasi mereka untuk memastikan perubahan yang terjadi dapat membuka keuntungan produktivitas dan keunggulan yang kompetitif dan signifikan sambil beradaptasi dengan tuntutan konsumen (yakni keuntungan dan kemudahan menggunakan teknologi). Solvera.ID hadir sebagai partner dalam membantu perusahaan-perusahaan menghadapi era transformasi digital yang semakin dibutuhkan dalam membantu organisasi dalam mengelola data konvensional menjadi sebuah data digital yang lebih terstruktur dan terjamin keamanannya. Solvera.ID dapat membantu perusahaan anda untuk melakukan transformasi bersama demi kemajuan dan perkembangan perusahaan anda melalui penerapan-penerapan digital seperti Big Data, Cloud Computing, DevOps, dan kebutuhan transformasi digital lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.  Solvera.ID,  your super solution !

 

Source : https://www.cio.com/article/3063620/digital-transformation-why-its-important-to-your-organization.html

 

Facebook
Twitter
LinkedIn

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
WhatsApp chat