Lima Cara Manajemen Proyek yang dapat Membantu Anda Mempercepat Transformasi Digital

Lima Cara Manajemen Proyek yang dapat Membantu Anda Mempercepat Transformasi Digital

Hanya 25% dari proyek transformasi digital menghasilkan manfaat nyata, menurut Project Management Institute. Inilah cara organisasi Anda agar dapat meningkat.

 

Hampir 80% dari organisasi sedang mengalami transformasi digital yang signifikan, tetapi hanya 25% dari proyek-proyek tersebut telah menghasilkan manfaat nyata ketika diukur terhadap tujuan awal mereka, menurut penelitian terbaru dari Project Management Institute (PMI).

 

Karena kepemilikan upaya digital melebar ke dalam kelompok-kelompok c-suite dan lintas-fungsional — yang memiliki pandangan luas tentang organisasi, menurut laporan Altimeter baru-baru ini — para pemimpin perusahaan, manajer proyek, dan TI perlu bekerjasama untuk mendapat hasil yang optimal.

 

Berikut adalah lima hacking transformasi digital yang berhasil, menurut Murat Bicak, wakil presiden senior strategi PMI:

 

1. Tetapkan sasaran dan metrik ROI yang jelas

“Banyak organisasi masih menghadapi kebingungan tentang apa arti transformasi digital pada tingkat definisi”, kata Bicak.

 

“Ini lebih dari digitalisasi, dan mencakup lebih dari organisasi TI,” katanya. “Sebaliknya, ini melibatkan penggunaan teknologi digital baru pada seluruh bisnis dengan cara mengubah cara kerja dilakukan dalam organisasi dan nilai lebih yang dapat diberikan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan.”

 

“Menetapkan tujuan yang jelas dan hasil yang terukur dapat membantu menunjukkan nilai proyek-proyek ini”, kata Bicak.

 

2. Pastikan Sponsor Eksekutif terlibat aktif dalam proyek.

Sponsor C-suite harus terlibat aktif dalam proyek digital, karena dukungan sponsor yang tidak memadai adalah no. 1 penyebab kegagalan proyek. Sebaliknya, salah satu alasan mengapa inisiatif strategis berhasil adalah karena dukungan dan dukungan kepemimpinan, menurut laporan PMI.

 

“Menjadi sponsor eksekutif yang efektif jauh lebih dari sekadar menandatangani program,” kata Bicak. “Namun tetap terhubung dengan dan mengadvokasi program, mengkomunikasikan peran pentingnya, dan membantu menanggapi tantangan.”

 

3. Peran penting Manajer Proyek

Manajer Proyek berkembang dari peran operasional menjadi peran pengiriman strategi, yang mengharuskan keahlian strategi, inovasi, dan komunikasi, kata Bicak. Sementara keterampilan teknis itu penting, mereka hanya bagian dari apa yang dibutuhkan manajer proyek untuk memimpin upaya transformasi digital, bersama dengan kepemimpinan dan manajemen bisnis strategis, tambahnya.

 

4. Mengadopsi pendekatan manajemen proyek formal

Manajemen proyek memiliki beberapa metodologi yang terbukti yang akan memberikan hasil yang lebih baik, kata Bicak.

 

“Organisasi yang berinvestasi dalam praktik manajemen proyek — apakah prediktif, gesit atau agile – terus mengalami kesuksesan yang lebih besar daripada rekan-rekan mereka yang berkinerja buruk,” tambahnya. “Mereka merangkul pola pikir lanskap pengiriman nilai, yang singkatnya adalah rangkaian lengkap metodologi dan praktik yang digunakan manajer proyek untuk menyelesaikan proyek.”

 

Memilih pendekatan yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek dan organisasi akan membantu meminimalkan risiko, mengendalikan biaya, dan meningkatkan nilai, kata Bicak.

 

5. Investasikan dalam manajemen proyek

Para pemimpin bisnis harus mendukung kinerja manajemen proyek mereka dengan memberi mereka pelatihan, alat, dan keterampilan yang diperlukan untuk membuat organisasi mereka lebih efektif, kata Bicak. Ini sangat penting saat ini, karena permintaan untuk manajer proyek jauh melebihi pasokan, ia menambahkan: Pengusaha akan membutuhkan lebih dari 87 juta orang dalam peran berorientasi manajemen proyek pada tahun 2027, menurut penelitian PMI.

 

Solvera.ID sebagai “Talent Pool” menjadi partner terbaik bagi perusahaan, kami menyediakan tenaga ahli mulai dari Project Manager, Scrum Master, Bisnis Analis, Product Designer, Programmer dan Quality Engineer bagi perusahaan agar dapat fokus pada tujuan tercapainya project yang diperlukan dalam waktu temporer. Tenaga ahli kami dapat segera berkolaborasi dan berkontribusi dalam pengerjaan proyek perusahaan Anda.

 

Source: https://www.techrepublic.com/article/5-ways-project-management-can-help-you-hack-digital-transformation/

 

Facebook
Twitter
LinkedIn

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
WhatsApp chat