Hal yang harus anda lakukan sebelum menerapkan sistem enterprise resource planning.

Menerapkan sistem ERP tidak boleh asal dilakukan tanpa persiapan yang matang. Jika anda ingin menerapkan sistem dengan tujuan menunjang operasional bisnis, maka terdapat beberapa tahapan yang harus anda lakukan sehingga pada saat pemakaian dapat berfungsi secara optimal. Berikut adalah hal yang perlu anda lakukan sebelum menerapkan sistem ERP :

Mengetahui kebutuhan dari bisnis anda

Hal pertama yang anda perlu lakukan adalah melakukan studi untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis anda. Dengan begitu, anda akan mengerti sistem yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Perlu diingat bahwa pada saat penerapan memerlukan sejumlah dana yang cukup besar sehingga anda perlu memilih sistem sesuai kebutuhan saja.

Mengukur potensi dan anggaran perusahaan

Sebelum menerapkan sistem ini, alangkah baiknya jika anda bersama dengan tim melakukan analisa potensi yang dapat diraih jika menerapkan sistem erp. Potensi yang telah diukur dapat anda ukur tingkat kelayakanya dengan perbandingan anggaran yang perusahaan miliki. Hal ini diperlukan agar anggaran anda tidak terbuang sia-sia pada saat menerapkan sistem erp.

Memilih software yang cocok dengan bidang industri

Software ERP terdiri dari banyak jenis modul yang tersedia untuk menunjang segala operasional perusahaan. Anda perlu memilih fungsi apa saja yang diperlukan oleh jenis industri yang perusahaan anda jalankan. Hal ini bertujuan agar mendapatkan software sesuai dengan kebutuhan saja untuk menghindari pemborosan biaya terhadap modul yang tidak diperlukan.

Menyewa jasa konsultan IT

Sangat disarankan agar berkonsultasi dengan konsultan IT terlebih dahulu untuk mendapatkan masukan dan saran oleh seorang profesional yang berpengalaman dibidangnya. Konsultan IT juga memiliki peran dalam membantu mengarahkan pemilihan software yang cocok sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga bisnis anda dapat berkembang dengan baik. Jasa konsultasi juga tidak akan memakan banyak budget anda seperti yang ditawarkan oleh Solvera.id yang menyediakan jasa konsultasi gratis.

Previous articleImplementasi Teknologi Informasi
Next article4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Software Akuntansi