Pentingnya Pembukuan Dalam Berbisnis

Pencatatan Keuangan pada bisnis

Pentingnya Pembukuan Dalam Berbisnis

Mengapa Pembukuan Penting Untuk Bisnis Anda ?

Pembukuan merupakan masalah yang sering dialami oleh semua jenis perusahaan baik besar maupun kecil. Bagi pebisnis pemula banyak yang masih menyepelekan pencatatan transaksi baik besar maupun kecil dan dampaknya akan mulai terlihat pada saat jangka panjang bisnis itu berjalan. Tanpa adanya pencatatan keuangan yang jelas akan sulit bagi pebisnis untuk melihat apakah bisnis yang sedang dijalankanya mendapatkan keuntungan atau justru mengalami kerugian. Selain itu tanpa mengetahui kondisi keuangan, pebisnis akan kesulitan dalam menentukan strategi kedepanya. Untuk itu perlu kita ketahui alasan bagi bisnis anda memerlukan pembukuan. Berikut adalah fungsi penting pembukuan bagi sebuah bisnis :

Mengetahui perkembangan bisnis

Dengan adanya pembukuan, anda akan mendapat segala informasi mengenai transaksi yang masuk dan keluar. Informasi tersebut dapat memberikan sebuah insight perkembangan aktivitas bisnis yang dapat anda periksa secara berkala dan dari situlah dilakukan perbandingan antara kondisi keuangan yang lalu dengan kondisi keuangan yang terbaru. Dengan begitu, anda dapat mengetahui apakah bisnis yang sedang berjalann sedang mendapatkan keuntungan atau malah mengalami kerugian.

Mempermudah pembayaran pajak

Pembukuan berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembayaran pajak. Perhitungan pajak dapat anda lakukan dengan mudah jika terdapat sistem pembukuan yang baik. Selain informasi keuangan, dokumen yang diperlukan untuk proses pembayaran pajak menjadi lebih lengkap dan mencegah potensi hilangnya aset penting perusahaan anda. Anda juga dapat mengintegrasikanya dengan pembayaran pajak secara online sehingga tidak perlu kesulitan mengantri dalam hal pembayaran.

Mengidentifikasi setiap transaksi

Pembukuan yang lengkap dan terperinci dapat membantu anda untuk mengidentifikasi setiap transaksi yang terjadi pada bisnis. Selain itu dalam hal pengelolaan dan proses pembuatan laporan keuangan menjadi lebih mudah karena informasi yang diberikan lebih mendetail. Dengan adanya pembukuan yang baik, maka calon investor juga menjadi lebih yakin untuk berinvestasi kedalam perusahaan anda. Hal ini juga dapat membantu anda melakukan pelacakan transaksi pada waktu yang lama dikarenakan pencatatan data tersimpan secara online dan tidak perlu khawatir hilang. Anda juga dapat melakukan data backup jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan file atau terhapus secara tidak sengaja.

Faktor penting pembuat keputusan

Setelah anda mengetahui semua informasi perkembangan dan keuangan bisnis, anda dapat menentukan strategi apa yang akan anda akan terapkan kedepanya. Anda dapat menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan keuntungan dan meminimalisir kerugian yang telah anda peroleh sebelumnya. Sistem aplikasi pembukuan yang canggih memiliki banyak fitur yang berguna bagi bisnis seperti melakukan komparasi data dan melakukan estimasi performa keuangan bisnis untuk masa mendatang.

Pembukuan Secara Online

Semakin berkembangnya suatu bisnis pada perusahaan, semakin banyak juga proses transaksi yang terjadi. Jika menggunakan metode pembukuan secara konvensional tentu akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Selain itu pencatatan yang dilakukan oleh tenaga manusia juga berpotensi terjadinya human error yang jika terjadi pada proses bisnis besar akan mengakibatkan kerugian yang besar pula. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, munculah sistem pembukuan secara online yang menjadi solusi bagi banyak perusahaan besar. Berikut adalah kelebihan sistem pembukuan secara online :

Data yang akurat

Sistem pembukuan secara online memberikan data yang akurat dan hal ini menjadi hal krusial khususnya pada proses bisnis skala besar. Kesalahan yang biasa terjadi oleh manusia bisa teridentifikasi oleh sistem dan akan menginformasikanya secara real-time. Dengan begitu potensi terjadinya kerugian dapat diminimalisir dan jika terjadi kesalahan dapat segera diatasi dengan mudah karena sudah teridentifikasi penyebabnya. Data yang akurat mampu menghemat waktu dalam hal pengecekan data dan dapat secara otomatis memberikan notifikasi jika ada ketidaksesuaian penginputan data.

Pembuatan laporan yang cepat

Aplikasi berbasis online sekarang mulai diminati oleh kalangan pebisnis karena lebih menghemat waktu dalam pembuatan laporan. Semua data terkumpul akan terkalkulasi secara otomatis dan data yang ditampilkan lebih akurat sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu lebih untuk melakukan pengecekan ulang kali. Untuk melakukan rekap data dapat dilakukan secara otomatis melalui sistem yang dapat anda atur alur kerjanya. Perkembangan teknologi memungkinkan aplikasi berjalan secara dinamis dan fleksibel sehingga anda dapat menyesuaikanya mengikuti trend pasar.

Monitoring yang mudah dan fleksibel

Dengan sistem yang berjalan secara online, artinya pekerjaan juga anda dapat dilakukan dimanapun anda berada bahkan melalui perangkat seluler anda. Anda juga dapat mengintegrasikanya dengan berbagai divisi untuk mempermudah pembagian informasi perusahan secara cepat. Cara ini dapat anda peroleh jika menggunakan sistem Enterprise Resource Planning berbasis cloud Solvera yang bekerja dengan cara mengintegrasikan berbagai fungsi modul untuk menunjang operasional perusahaan.

Hemat ruang dan budget

Sistem pembukuan secara online juga memberikan keuntungan dalam penghematan ruang penyimpanan dan meminimalisir budget untuk pengadaan gudang penyimpanan. Selain itu anda juga dapat dengan mudah mengelola dokumen pada penyimpanan anda tanpa perlu melakukan perawatan server dengan cara meng-hire jasa vendor ERP seperti yang disediakan oleh Solvera.id yang menyediakan uji coba gratis bagi pemilik usaha yang ingin mengetahui cara kerja sistem erp sebelum menerapkanya kedalam model bisnisnya.

Kesimpulan

Memiliki sistem pembukuan sudah menjadi hal wajib bagi semua pebisnis khususnya saat ini. Tetapi perlu kita ketahui bahwa sistem ini ikut berkembang seiring berjalanya waktu sehingga sebagai pebisnis juga perlu menyesuaikan perubahan yang ada. Jadi, mulailah berinvestasi untuk melakukan pengoptimalan bisnis dari hal yang terpenting seperti sistem pembukuan.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial