Manfaat Sistem CRM untuk Perusahaan

Manfaat Sistem CRM untuk Perusahaan

Customer Relationship Management adalah cara pengelolaan hubungan antara konsumen dan perusahaan dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan penjualan. Cara ini digunakan untuk mengelola segala bentuk interaksi antara konsumen dan perusahaan dalam bentuk email dan media sosial yang saat ini sedang trend untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Selain itu, CRM juga membantu perusahaan menemukan pelanggan setia. Berikut adalah penjelasan manfaat sistem CRM untuk perusahaan :

Meningkatkan Hubungan Baik Perusahaan dengan Konsumen

Masih banyak perusahaan yang melayani konsumen hanya sebatas saat membeli produk saja. Padahal kita masih bisa memberikan follow-up dengan tujuan agar konsumen dapat melakukan repeat order demi keuntungan lebih baik. CRM juga didukung sistem feedback agar kita mengerti tanggapan konsumen terhadap produk dan jasa yang telah kita tawarkan. Feedback sangat berguna untuk dipelajari karena menjadi penentu keputusan strategi selanjutnya.

Meningkatkan Keuntungan

Dalam dunia pemasaran kita mengenal istilah word of mouth yang artinya suatu produk akan menjadi bahan rekomendasi dari konsumen ke konsumen yang lain. Hal ini menjadi kesempatan perusahaan untuk meyakinkan konsumen lain untuk membeli jasa atau produknya melalui testimoni konsumen yang telah melakukan pembelian produk sebelumnya. Dengan begitu akan semakin banyak konsumen yang membeli produk kita dan perusahaan mendapatkan keuntungan lebih baik.

Meningkatkan Efektivitas Pelayanan

Sistem CRM membantu customer service dalam menghandle seorang pelanggan baik mengenai pertanyaan, keluhan dan sebagainya. Sistem CRM memiliki kelebihan dibandingkan menambah karyawan karena dapat menanggapi banyak konsumen hanya melalui satu sistem saja yang menjadikan pelayanan lebih efektif dibandingkan secara konvensional. Anda dapat mencoba meningkatkan efektivitas pelayanan melalui Solvera.

Mengurangi Biaya Customer Service

Pelayanan yang cepat dan tepat akan meningkatkan efisiensi biaya customer service. Hal ini juga berkaitan dengan kebutuhan akan tenaga Customer Service yang memiliki keterbatasan untuk menghandle beberapa pelanggan saja dan akan kewalahan jika konsumenya meningkat. Selain itu sistem informasi menjadi lebih terpusat untuk menghindari adanya miss komunikasi oleh pelanggan dikarenakan cara penyampaian customer service bisa saja berbeda-beda.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial