Purchasing Dalam Proses Operasional Perusahaan

Purchasing Dalam Proses Operasional Perusahaan

Apa itu Purchasing dalam Perusahaan

Purchasing adalah proses pembelian yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Proses ini sangat penting dalam bisnis karena mempengaruhi biaya produksi dan efektivitas operasional perusahaan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses purchasing dalam bisnis antara lain:

1. Identifikasi Kebutuhan

Sebelum melakukan proses ini, perusahaan perlu mengidentifikasi kebutuhan yang akan dibeli. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan spesifikasi produk yang dibutuhkan dan menghindari pembelian barang yang tidak dibutuhkan.

2. Penyedia Barang

Perusahaan perlu menentukan penyedia barang yang tepat untuk memastikan kualitas barang yang dibeli. Perusahaan perlu melakukan riset tentang supplier yang tersedia di pasar dan mengevaluasi kinerja mereka.

3. Negosiasi Harga dan Kualitas

Setelah menentukan penyedia barang, perusahaan perlu melakukan negosiasi harga dan kualitas barang yang akan dibeli. Perusahaan perlu memastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas barang yang dibeli.

4. Proses Pembayaran

Perusahaan perlu memastikan proses pembayaran yang efektif dan efisien. Perusahaan dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank atau menggunakan sistem pembayaran online.

5. Pemantauan Kinerja Supplier

Setelah barang diterima, perusahaan perlu memantau kinerja supplier untuk memastikan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Jika terdapat masalah, perusahaan perlu mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.

6. Evaluasi Proses Purchasing

Perusahaan perlu melakukan evaluasi proses purchasing secara berkala untuk memastikan efektivitas proses dan mengevaluasi kinerja supplier. Evaluasi dapat dilakukan dengan mengumpulkan data dari penggunaan barang dan kinerja supplier.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, proses purchasing sangat penting dalam bisnis karena mempengaruhi biaya produksi dan efektivitas operasional perusahaan. Perusahaan perlu memperhatikan identifikasi kebutuhan, pemilihan penyedia barang, negosiasi harga dan kualitas, proses pembayaran, pemantauan kinerja supplier, dan evaluasi proses purchasing untuk memastikan efektivitas proses purchasing.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial